Saturday 7 April 2018

CARA MEBERSIHKAN JAKET KULIT

     Jaket kulit adalah pakaian luar yang terbuat dari kulit binatang yang memiliki fungsi sebagai pakaian pelapis untuk menahan dari dingin cuaca dan angin, pada umumnya bahan kulit yang digunakan untuk membuat jaket adalah kulit kambing, sapi dan binatang sejenisnya.

       Di indonesia sendiri jaket kulit cukup mudah untuk di temukan karena di indonesia sendiri memiliki bahan baku kulit yang cukup banyak, di tambah lagi di negara indonesia sendiri terdapat banyak sentra kerajinan jaket kulit terutamanya yang paling terkenal adalah sentra kerajinan jaket kulit garut yang terkenal memiliki kwalitas yang bagus dengan harga yang cukup terjangkau.

        Selain karena kwalitasnya yang bagus, jaket ini cukup banyak peminatnya di karenakan memiliki banyak variasi model mulai dari jaket kulit biasa, jaket kulit casual sampai dengan jaket kulit khusus untuk berkendara speda motor,agar jaket kulit yang kita miliki awet tentunya harus di rawat dong biar tetap awet dan bagus ketika di kenakan.

         Ada hal hal yang harus di hindari agar jaket kulit tetap terawat yaitu: 
  • Dilarang mencuci jaket kulit menggunakan mesin cuci, karena penggunaan air yang terlalu banyak untuk mencuci jaket kulit dapat menyebabkan kerusakan pada jaket.
  • Dilarang menyimpan jaket kulit di tempat yang lembab, karena dapat menyebkan tumbuhnya jamur pada jaket yang bisa membuat jaket memiliki noda yang sulit untuk di hilangakan, seperti menggantung jaket kulit di toilet.
  • Ketika selesai menggunakan jaket jangan menyimpannya di sembarang tempat, gantunglah di tempat yang kering.


    Jika jaket kulit sering di gunakan tentunya akan ada cukup banyak kotoran yang menempel pada permukaan jaket kulit, cara yang paling sederhana untuk membersihkannya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan wadah yang berisi air secukupnya.
  • Buat campuran sabun untuk membersihkan noda.
  • Gunakan sabun yang berbahan lembut seperti sabun cuci piring atau deterjen cair matik.
  • Gosokan campuran air dan sabun kebagian yang terkena noda.
  • Gosok peelahan menggunakan sikat gigi atau juga bisa menggunakan kain lembut.
  • Lap bagian yang di bersihkan tadi menggunakan kain bersih.
  • Jika jaket terlihat kotor karena debu maka gunakan kain lembut untuk mengelap seluruh permukaan jaket kulit dengan campuran sabun.
  • Kemudian lap menggunakan lap kering.
  • Gantung jaket kulit agar kering secara alami.
  • Jangan menjemur jaket kulit di bawah terik matahari langsung, karena bisa membuat jaket kulit retak retak.
    Jaga kelembapan jaket kulit jangan sampai mengering, karena jika sudah mengering maka jaket akan mudah retak dan rusak, sama seperti halnya kulit manusia jika tidak di rawat maka akan terlihat kering dan kusam, nah untuk mengembalikan kelembapan pada jaket kulit kita bisa menggunakan minyak jaitun yang di oles pada permukaan jaket biarkan sampai meresap atau juga kita bisa menggunkan produk perawatan kulit seperti bodylotion.

       Jika kita tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan jaket kulit atau takut jaket kulit yang kita miliki rusak karena salah perawatan maka gunakan saja jasa perawatan jaket kulit profesional atau jasa laundry yang mampu dan tau persis bagaimana cara merawat jaket kulit, demikian sedikit info dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.


No comments:

Post a Comment