Sunday 18 February 2018

CARA UNIK MENGHITUNG PERKALIAN RATUSAN & RIBUAN

        Postingan kali ini adalah postingan lanjutan dari postingan sebelumnya yaitu CARA UNIK MENGHITUNG PERKALIAN DENGAN JARI tentu saja pada postingan kali ini juga menggunakan alat bantu yaitu menggunakan metode garis, keunggulan dari metode ini yaitu selain menjadi lebih praktis akan tetapi juga memberikan pemahaman bukan hapalan, cara yang di gunakan sangat mudah hanya dengan bantuan garis vertikal serta horizontal yang saling di pertemukan dan hasil pertemuan kedua garis tersebut lah yang merupakan hasil dari perhitungan cara ini.


Menghitung perkalian 2 digit atau puluhan.

Contoh:
        kita akan menghitung perkalian antara 12 x 23 maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut:

  • pertama tama kita buat garais vertikal sebanyak 2 kelompok yang mewakili angaka 12 dan juga 2 kelompok garis horizontal yang mewakili angka 23 berikut ini contohnya.




  • Setelah kita buat garisnya maka kita tinggal mengelompokan titik titik pertemuannya, untuk pengelompokannya di lakukan secara diagonal.
  • Setelah selesai maka kita tinggal menghitung ada berapa jumlah titik pertemuan yang ada di kelompok pertama, kedua dan ketiga, cntohnya adalah sebagai berikut



  • Terlihat jelaskan pada kelompok pertama terdapat 2 buah titik pertemuan, pada kelompok kedua terdapat 7 buah titik pertemuan dan pada kelompok ketiga terdapat 6 buah titik petemuan.
  • Jadi hasil dari perkalian 12 x 23 = 276.


Menghitung perkalian 2 digit di kalikan dengan 3 digit.

Contoh:
       kita akan menghitung perkalian 122 x 12 maka langkah langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Sama seperti perkalian dua digit di atas pertama tama kita buat garis verikal karena angaka pertama adalah ratusan atau 3 digit angka maka kita buat 3 kelompok garis vertikal serta 2 digit angaka yang di kalikan yaitu angka 12 maka kita buat garis horizontal sebanyak dua kelompok garis.



  • Setelah kita buat garis tersebut maka kita tinggal mengelompokan hasil dari pertemuan garisnya menjadi 4 kelompok garis secara diagonal.
  • Selanjutnya tinggal kita hitung berapa jumlah titik pada tiap kelompok dan itulah hasil dari perkalian tersebut seperti gambar berikut.




  • Pada gambar di atas terlihat jawabannya pada kelompok pertama ada 1 buah titik pertemuan, pada kelompok kedua ada 4 buah titik pertemuan, pada kelompok ketiga ada 6 buah titik pertemuan dan pada kelompok keempat ada 4 buah titik pertemuan.
  • Jadi hasil dari perkalian 122 x 12 =1464

     Untuk perkalian yang jumlahnya digitnya lebih banyak maka tinggal mengikuti jumlah digitnya misalnya untuk ribuan maka buatlah garis sebanyak 4 kelompok begitu juga seterusnya, demikianlah sedikit info dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaaf.



No comments:

Post a Comment