Wednesday 28 February 2018

LAMPU BEAT MATI

     Lampu utama pada kendaraan bermotor merupakan salah satu kelengkapan kendaraan yang sangat penting karena berpengaruh terhadap keselamatan berkendara apalagi jika berkendara pada malam hari, mengingat masih banyak jalan yang masih belum memiliki lampu penerangan jalan dan lampu kendaraan ini lah yang merupakan satu satunya sumber penerangan.

  Apabila terjadi kerusakan pada lampu utama maupun lampu belakang atau lampu rem ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara apalagi peraturan berlalulintas saat ini mengharuskan menyalakan lampu utama pada siang hari untuk kendaraan bermotor roda dua alasannya agar pengendara roda empat atau lebih bisa melihat kendaraan kita saat akan mendahului.



   Pada kendaraan motor matik jenis beat memang sering terjadi kerusakan pada lampu utama yaitu lampu mati tidak mau menyala meskipun lampu baru di ganti hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor bisa saja bola lampu yang baru dibeli memang sudah rusak atau kelistrikan pada kendaraan yang terjadi kerusakan.

   Untuk mengatasi lampu utama mati ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:
  • Mengecek bola lampu masih menyala atau sudah putus klo sudah putus ya mesti beli baru lagi.
  • Mengecek soket soket maupun switch lampu apakah ada kerusakan atau tidak.
  • Mengecek kelistrikan kabel body apakah masih menghantar listrik atau tidak.
  • Untuk mengecek kelistrika kita membutuhkan alat yang namanya ampere meter dengan bantuan alat ini kita bisa tau ada kabel yang rusak atau putus karena kabel yang putus tidak akan menghantarkan arus.
  • Jika semua kondisi masih bagus tidak ada kerusakan pada bola lampu, switch, soket maupun kelistrikan berarti ada masalah yang lain.
  • Bisanya masalahnya ada pada fitting lampu yang sudah tidak bisa menghantarkan arus karena sambungan kabel atau solderannya sudah berkarat.
Fitting lampu berkarat

  • Untuk mengatasinya bisa di ganti baru atau di akali dengan memotong kabel dan di lilit kedalam per yang ada di dalam fitting lampu.


   Demikian sedikit info dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

No comments:

Post a Comment