Monday 11 April 2016

PANDUAN MUDAH MEMULAI USAHA LAUNDRY KILOAN

        Mencuci pakaian mungkin bagi sebagian orang merupakan hal yang biasa, akan tetapai rutinitas seperti ini memakan banyak waktu yang cukup lama dan kebanyakan orang tidak memiliki waktu luang yang cukup untuk mencuci.


     Dengan banyaknya aktifitas masyarakat kota yang semakin padat membuat banyak masyarkat malas untuk sekedar mencuci pakaian dan hal inilah yang bisa kita manfaatkan untuk jadi peluang bisnis, untuk membuka dan menjalankan usaha laundry baik laundry satuan maupun laundry kiloan, peluang ini lah yang bisa kita manfaatkan di karenakan untuk menjalankan usaha ini susah-susah gampang kenapa demikian hal ini di karenakan kita harus jeli dalam mengenali jenis bahan dan jenis noda serta cara untuk mengatasi noda tersebut.

      Untuk menjalankan usaha ini di perlukan modal yang tidak sedikit, Sebelum kita bahas berapa perkiraan modal yang harus di sediakan,ada baiknya kita harus mengetahui hal hal apa saja yang perlu di perhatikan untuk memulai menjalankan usaha laundry kiloan ini,adapun hal hal tersebut sebagai berikut:




  1. Mengetahui jenis - jenis noda dan cara menanganinya, misalnya noda karat yang di sebabkan oleh benda - benda berbahan logam yang bersifat korosif, untuk mengatasinya silahkan baca artikel NODA KARAT PADA PAKAIAN? TIDAK MASALAH! .
  2. Mengetahui berbagai macam jenis bahan pakaian dan cara pencuiannya hal ini sangat penting karena berkaitan dengan mutu kwalitas pelayanan agar pelanggan betah dan terus berlangganan terus di tempat usaha kita.
  3. Menyiapkan cadangan modal operasional untuk beberapa bulan, kenapa demikian? Hal ini di karenakan pada saat awal berjalannya usaha tidak di pungkiri maslah yang hampir selalu di hadapi oleh setiap pengusaha adalah sepinya pelanggan, nah fungsi dari uang cadangan adalah untuk mengcover biaya oprasional serta biaya promosi termasuk juga gaji karyawan.
  4. Menggunakan peralatan yang tepat dan berkwalitas bagus, yang seperti apa? Misalnya penggunaan mesin yang tepat dengan spesifikasi yang tepat contoh penggunaan mesin pengering pakaian akan lebih hemat jika menggunakan mesin pengering dengan sumber panas dari gas di bandingkan dengan mesin pengering dengan sumber panas dari pemanas listrik yang biasanya memerlukan daya hingga 2200 watt.


    Setelah mengetahui dan mempelajari hal hal tersebut di atas, marilah kita bahas beberapa faktor yang dapat membuat usaha laundry bisa berjalan dan berkembang diantaranya adalah:

1. Lokasi.

       Pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan usaha anda, pilihlah lokasi yang masyarakatnya sibuk bekerja yang tidak memiliki waktu luang untuk sekedar mencuci, misalnya di daerah perumahan, apartemen ataupun tempat ramai seperti pasar.

2. Pelayanan.

     Pelayanan yang baik juga mempengaruhi keberlangsungan usaha anda, misalkan anda memberikan layanan antar jemput gratis ataupun pelayanan jasa laundry expres dengan waktu yang relatip singkat atau juga anda bisa juga memberika garansi jika hasil cuciannya kurang berish.

3. Harga.

     Tidak dapat di pungkiri lagi jika harga menjadi faktor penentu dalam usaha apapun, memberikan harga sesuai pelayanan sangat disarankan.

         Setelah beberpa hal di atas sudah di pelajari dan di ketahui marilah kita bahas tentang berapa perkiraan modal yang di perlukan ,untuk memulai usaha ini di butuhkan modal yang cukup besar,misalkan untuk membeli sebuah mesin cuci uang yang harus di keluarkan berkisar antara 5 sampai 6 juta rupiah, lalu membeli perlengkapan lainnya seperti setrika ,mesin penegering pakaian,meja setrika, meja pendaftaran,timbangan,rak pakaian dan masih banyak lagi termasuk sewa toko maupun biaya operasional di 3 bulan awal usaha berjalan termasuk biaya promosi, untuk perincian harga yang lebih mendetail silahkan baca Rincian modal usaha laundry

        Demikian sedikit info dari saya kurang lebihnya saya minta maaf,semoga bermanfaat selamat memulai usaha.

No comments:

Post a Comment