Wednesday 28 March 2018

CARA MENCAIRKAN JHT JAMSOSTEK DI BANK

    Jaminan hari tua / jamsostek yang sekarang sudah berganti nama menjadi BPJS KETENAGAKERJAAN merupakan jaminan kesejahteraan bagi para buruh pekerja atau bisa dibilang tabungan para buruh pekerja ketika habis masa kerja di sebuah perusahaan baik di sebabkan karena pemutusan hubungan kerja, mengundurkan diri maupun pensiun.



         Pemerintah mewajibkan para pemberi pekerjaan atau para pengusaha untuk mendaftarkan para pekerjanya untuk menjadi peserta jamsostek atau sekarang yang lebih di kenal sebagai BPJS KETENAGAKERJAAN agar para buruh memiliki jaminan kesehatan maupun jaminan kecelakaan kerja ketika masih bekerja dan memiliki tabungan ketika sudah tidak bekerja lagi.

        Apabila para buruh sudah tidak bekerja lagi maka para buruh bisa mencairkan saldo tabungan jht jamsostek di kantor penerbit kartu BPJS KETENAGAKERJAAN atau bisa juga mencairkan di kantor cabang BPJS KETENAGAKERJAAN terdekat, namun jika mencairkan jht di kantor cabang pasti memiliki antrian yang cukup banyak ditambah lagi untuk mendapatkan nomor antrian pencairan jht jamsostek hanya bisa dilakukan secara online.



        pada saat ini ada alternatif lain untuk mencairkan jht jamsostek yaitu mencairkan jht jamsostek melalui bank, untuk dapat mencairkan jht jamsostek di bank memiliki persyaratan yang sama dengan mencairkan di kantor bpjs ketenagakerjaan, cara untuk mencairkan jht jamsostek dibank kita hanya perlu datang kebank tertentu yang bekerja sama dengan kantor BPJS KETENAGAKERJAAN misalkan saja di bank BJB.

       Untuk mencairkan jht jamsostek di bank BJB kita hanya perlu datang kebank kemudian ambil nomor antrian customer servise lalu minta formulir claim BPJS KETENAGAKERJAAN kepada security bank, sambil menunggu antrian isi formulir tesebut dengan lengkap sesuai dengan data data persyaratan yang dibutuhkan, adapun syarat untuk mencairkan jht jamsostek adalah sebagai berikut:


  • Kartu peserta BPJS KETENAGAKERJAAN yang asli dan juga fotocopy.
  • Kartu tanda penduduk asli dan juga fotocopy.
  • Kartu keluarga asli dan fotocopy.
  • Surat keterangan pengalaman kerja asli dan fotocopy.
  • Buku tabungan yang masih aktif.
  • Matrai 6000.

    Peryaratan diatas dibawa dan di rapihkan kedalam sebuah maps berwarna merah atau biru, jika alamat KTP dari luar daerah ataupun alamat KTP bebeda dengan alamat KK maka di sertakan dengan sebuah surat keterangan domisili tempat tinggal sekarang, ada hal yang perlu di ingat apa bila terjadi kekurangan pembayaran ataupun keterlambatan pembayaran maka kita harus melakukan pengecekan langsung kekantor BPJS KETENAGAKERJAAN bukan kebank lagi karena bank dalam hal ini hanya sebagai perantara dan pengecek kelengkapan persyaratan dan menyetorkan dokumen pengajuan klaim jht jamsostek kekantor BPJS KETENAGAKERJAAN.

         Demikian sedikit informasi dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

19 comments:

  1. Mba didaerah mana mncairkannya?

    ReplyDelete
  2. Yg Deket kantor plbpjs aja proses cepat tidak perlu ambil no antrian buka pelayanan jam 08:30 nanti Dikinin kartu ATM BJB siapkan aja 50 ribu buat pendaftaran sama materai 1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tu bank bjb dimana ja pa bank bjb tertentu..klo daerah depok/bogor bisa dimananya ya..

      Delete
  3. Berapa lama proses pencairannya

    ReplyDelete
  4. Maaf mba ko saya gak dimintain uang 50rb ya sama pihak cs bank bjb, itu gimana ngaruh sama pencairan saya gak ya?

    ReplyDelete
  5. Kalau ktp ya beda daerah gmna ? Soal nya saya sudah pindah rumah apa berpengaruh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dimanapun brooo... Mau ktp mana pun bisa, soalnya kan ktp kdah electric

      Delete
  6. bank bjb kopo panjunan,bisa mencairkan jamsostek tidk ya?
    mohon info y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejarusnya bank bjb manapun bisa, coba tanya dahulu ke cs atau satpam nya

      Delete
  7. Apa sekarang masih bisa langsung mencairkan bpjs ketenaga kerjaan langsung ke bank bjb?

    ReplyDelete
  8. Kalo dulu kan harus ada paklaring cap disnaker. Kalo skrg ga usah yah?

    ReplyDelete
  9. Tgl 10 kemaren ane klaim di bjb om, tp dapet buku rekening doang gratis.. Kalo ane mau minta bikinin kartu atm nya aja tapi di beda cabang bjb bukan yg ditempat kemaren klaim,, apa bisa om?

    ReplyDelete
  10. Untuk daerah bekasi bank bjb mana yaa yang melayani pencairan bpjs tk

    ReplyDelete
  11. Apa mesti Harus ada Npwp untuk pencairan Bpjs di Bjb?

    ReplyDelete
  12. apa harus ke disnaker dlu nggk gan

    ReplyDelete
  13. Kl mencairkan bpjs yang masih aktif bekerja di bank bjb bisa ga mas?

    ReplyDelete
  14. Berapa lama proses pencairan di bank BJB?

    ReplyDelete
  15. saya dulu pernah mencairkan dan mengunakan akun lama ,dan di bpjsku terdapat 2 imel dan saya tidak bisa mencairkan apa imel juga bisa berpengaruh sedangkan yg lain ga masalah

    ReplyDelete