Monday 11 April 2016

PANDUAN USAHA DAN PERKIRAAN MODAL USAHA LAUNDRY

           Akhir - akhir ini banyak usaha usaha kecil yang berkembang baik di bidang kerajinan maupun di bidang jasa, akan tetapi disini yang akan saya bahas adalah usaha dibidang jasa khususnya usaha laundry kiloan yang semakin menjamur.

          Tidak dapat di pungkiri jika usaha jasa mencuci ini sangat cepat berkembang dan menghasilkan keuntungan yang lumayan, sudah banyak saya jumpai pengusaha laundry yang sukses. Memiliki pndapatan yang diatas rata - rata karyawan pabrik.

     Akan tetapai untuk kali ini saya tidak akan membahas berapa jumlah pendapatan yang dihasilkan dari usaha jasa ini, yang akan saya bahas adalah berapa modal yang di perlukan untuk memulai usaha laundry kiloan. Mungkin akan ada pertanyaan, apa saja sih perlengkapan yang di butuhkan? Untuk itu disini saya akan memaparkannya sebagai berikut:

1. Mesin cuci.
    Mesin cuci untuk laundry pada umumnya adalah mesin jenis frontloading full automatic, kenapa harus mesin frontload? Karena mesin jenis ini di lengkapi dengan pemanas / heater dan daya cuci lebih bersih dengan tingkat kekusutan yang minim.



2. Setrika.
   Setrika yang umumnya di gunakan pada usaha laundry adalah setrika uap boiler, karna setrika jenis ini lebih efisien dan mampu menyetrika banyak dalam waktu yang relatif singkat.

3. Dryer.
      Dryer atau sering di sebut mesin pengering cukup di butuhkan dalam menjalankan usaha ini, kenapa begitu? Soalny cuaca di indonesia saat ini gak menentu kadang hujan kadang panas, jadi walaupun tidak ada matahari pakaian akan tetap bisa kering sempurna.

Setelah membahas tentang perlengkapan, selanjutnya pasti akan ada pertanyaan berapasih perkiraan biaya pengadaan mesin? Untuk menjawabnya marilah kita buat daftar sebagai berikut:


  • Mesin cuci frontloading baru kapasitas 7 kg kurang lebihnya Rp. 6.500.000.
  • Mesin cuci frontloading baru kapasitas 10 kg kurang lebihnya Rp. 9.300.000.
  • Setrika uap boiler kapasitas 5 liter kurang lebih Rp. 2.100.000
  • Setrika uap boiler kapasitas 10 liter kurang lebih    Rp. 3.500.000.
  • Mesin dryer atau pengering pakaian listrik kapasitas 6 kg baru kurang lebih Rp.6.000.000.
  • Mesin dryer atau pengering pakaian gas baru kapasitas 10 kg kurang lebih Rp. 12.000.000.
  • Timbangan gantung digital kapasitas mencapai 40 kg kurang lebih Rp. 120.000.
  • Timbangan duduk digital kapasitas 40 kg kurang lebih Rp. 520.000.
  • Meja setrika laundry kurang lebih Rp.1000.000.
  • Sewa tempat kalau yang ini relatif yah tergantung lokasi dan kondisi toko yang kita sewa.


      Dari data diatas dapat diketahui berapa total biaya pengadaan mesin baru Memang untuk modal awal lumayan menguras dompet, akan tetapi bagaimana jika modal yang dimiliki minim? Jika modal yang dimiliki minin ada dua cara untuk mengatasinya yaitu:


  • Membeli mesin secon / bekas berkondisi baik. 
  • Membeli mesin baru dengan cara credit.


         Demikian rincian modal usaha laundry dari saya smoga bermanfaat dan selamat memulai usaha.

No comments:

Post a Comment