Friday 23 March 2018

CARA MEMULAI USAHA LAUNDRY

        Usaha laundry kiloan merupakan salah satu jenis usaha di bidang jasa yang sedang populer, bisa dibilang jenis usaha ini sudah menjamur dimana mana bukan hanya di daerah perkotaan akan tetapi juga sampai keplosok daerah juga dapat ditemui usaha jasa laundry kiloan dengan bermacam macam promosi yang di tawarkan, mulai dari cuci 10 kg dapat gratis cuci sebanyak 1 kg sampai dengan mencuci dalam jumlah tertentu akan mendapatkan souvenir.


   Dalam menjalankan usaha ini bisa dibilang susah susah gampang, kenapa saya bilang demikian? Hal ini karena kita akan bertemu dengan berbagai macam bahan pakaian dan cara penanganan yang berbeda beda pula, maka dari itu kita juga harus tahu berbagai macam bahan pakaian dan cara pencucian yang tepat agar tidak terjadi kerusakan pada pakaian.

     Untuk memulai usaha laundry kiloan tentunya membutuhkan cukup banyak modal mulai dari menyewa tempat usaha sampai dengan perlengkapan dan peralatan laundry, untuk memulai usaha laundry kiloan ada dua opsi pilihan yang bisa dilakukan yaitu:



  1. Mencari sendiri peralatan laundry dengan merk dan spesifikasi yang kita inginkan.
  2. Membeli paket usaha laundry kiloan akan tetapi kita tidak bisa memilih merk dan spesifikasi mesin yang kita inginkan.

      Untuk opsi yang pertama bisa dilakukan bagi yang memiliki modal yang cukup banyak karena kita bisa memilih mesin cuci yang lebih baik dengan spesifikasi yang lebih baik pula akan tetapi jika kita melilih opsi yang pertama ini kita harus meluangkan banyak waktu untuk mencari berbagai perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan.

       Jika kita memiliki modal yang terbatas dan juga tidak meiliki banyak waktu untuk mencari perlengkapan dan peralatan laundry opsi yang kedua sangat cocok karena dengan membeli paket usaha laundry kita tidak perlu repot repot untuk mencari perlengkapan dan peralatan laundry, karena semuanya sudah ada dalam satu paket kita hanya tinggal menjalankannya saja ditambah lagi jika membeli paket usaha laundry biasanya akan mendapatkan training bagaimana cara menjalankan usaha laundry kiloan secara gratis.

        Sebenarnya apa saja sih perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan untuk menjalankan usaha laundry kiloan? Perlengkapan dan peralatan yang di butuhkan adalah antara lain sebagai berikut:

  • Peralatan yang dibutuhkan.


  1. Mesin cuci front loading / mesin cuci bukaan depan.
  2. Mesin pengering pakaian / driyer pakaian.
  3. Setrika uap boiler.
  4. Meja setrika.
  5. Spotting untuk dry clean.


  • Perlengkapan yang dibutuhkan.


  1. Plastik pakking laundry ukuran 35 x 50, 40 x 60, 50 x 75, dan 60 x 100.
  2. Parfum laundry.
  3. Deterjen khusus laundry.
  4. Pelembut pakaian.
  5. Penghilang noda karat.
  6. Penghilang noda darah.
  7. Cairan khusus spotting.
  8. Cairan pembersih mesin cuci.


        Dan untuk mengetahui estimasi berapa biaya pembelian mesin  klik disini. Demikian sedikit info dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

No comments:

Post a Comment