Friday 30 March 2018

CARA MENCUCI BONEKA BESAR

        Boneka adalah sebuah mainan yang dapat berbentuk macam macam, terutamanya berbentuk manusia dan hewan hewan, serta tokoh tokoh fiksi seperti doraemom, hello kity dan juga barbie, boneka bisa dikatakan merupakan mainan yang sangat memiliki usia yang terbilang tua karena pada saat jaman yunani kuno boneka sudah ada namun memiliki fungsi dan bahan yang sangat berbeda.


         pada saat ini boneka yang beredar di pasaran memiliki berbagai macam bahan diantaranya adalah boneka yang terbuat dari bahan campuran plastik silicon yang lentur seperti pada boneka barbie maupun boneka action figur, selain boneka berbahan plastik ada juga boneka yang terbuat dari bahan yang lembut dan nyaman untuk di peluk yang terbuat dari perpaduan kain flanel dan kain velbola, boneka dengan bahan ini umumnya memiliki bentuk tokoh tokoh fiksi maupun berbentuk binatang.

        Selain dari bahan perpaduan flanel dan velbola ada juga boneka yang terbuat dari bahan faux yang tekstur kainnya memiliki bulu dan pada umumnya digunakan pada boneka beruang tedy ukuran jumbo seukuran anak remaja, dan biasanya memiliki isi dalam boneka berupa bahan dakron, kenapa menggunakan bahan dakron? Hal ini karena ukuran boneka yang terlalu besar agar memiliki bobot yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan.



     Yang akan kita bahas pada saat ini adalah boneka besar yang terbuat dari bahan flanel, velbola dan faux yang biasa dijadikan teman tidur untuk dipeluk, boneka dengan bahan kain ini pada umumnya memiliki isi bagian dalam boneka berupa bahan dakron dan kain perca, pada dasarnya bahan kain jenis ini terbilang cukup rapuh atau bisa di bilang butuh penanganan yang lembut untuk melakukan perawatannya.

     Jika boneka yang dimiliki memiliki ukuran yang kecil ataupun sedang untuk perawatannya cukup mudah hanya dengan mencucinya dengan menggunakan mesin cuci frontloading, akan tetapi jika ukuran boneka yang dimiliki seukuran anak remaja bagaimana cara mencucinya? Kan tidak muat jika dimasukan kedalam mesin cuci frontloading, untuk itu sebenarnya caranya cukup mudah yaitu mencucinya dengan cara manual berikut ini langkah langkahnya:



  • Siapkan wadah ember dan isikan air secukupnya.
  • Masukan deterjen cair matik secukupnya ke dalam ember.
  • Sikat seluruh bagian boneka dengan menggunakan sikat lembut.
  • Karena bahan boneka memiliki bulu jadi menyikatnya jangan bolak balik tapi sikat searah dengan lembut agar bahan bulu boneka tidak rusak.
  • Setelah semua bagian disikat bersih kemudian bilas.
  • Untuk membilas gunakan air yang di campur dengan cuka secukupnya.
  • Karena ukuran boneka yang sangat besar jadi jangan membilasnya dengan cara menyiramnya ya karena dengan cara itu air akan menyerap masuk sampai kebagian dalam boneka dan membuat boneka menjadi susah kering dan menyebabkan bau dalam jangka waktu lama.
  • Lakukam pembilasan dengan mengelap seluruh bagian boneka dengan lap kanebo.
  • Lakukan pengelapan sampai boneka benar banar bersih dari sisa detergen.
  • Kemudian jemur, jika boneka berwarna putih jemur dibawah terik matahari langsung tapi jika boneka berwarna usahakan jangan terkena sinar matahari secara langsung karena dapat memudarkan warna.


          Akan tetapi jika kita tidak memiliki waktu untuk mencuci boneka atau tidak mau repot mencuci boneka sendiri kita bisa menggunakan jasa cuci laundry, Demikian sedikit info dari saya apabila ada kesalahan saya mohon maaf.

No comments:

Post a Comment